Nanang Sari Atmanta December 30 at 10:31am Reply Report
kabar code lumayan ngenes,

dr mulai lingkungan kontrakan kt yg dulu, sementara g dihuni, penuh pasir dan jadi tembusan aliran air kali code. kampung jd kayak kampung mati.

bu atun/pak to, mak ripti, keluargane ardi dan msh byk lagi, semua msh tidur d darussalam. keluarga yuri sementara juga pindh, ke rmh dekt impressions, samping syuhada tmpt bapkny yuri bekerja.

keluargane fai sing mesakne. fai, wulan dan ningsih sementara msh tinggal d darussalam, dikancani bapake. ibunya, tinggal d terban, krn ngancani biyung tuminah (ibunya fai). sebenarny fai dan adik2nya diajak ke terban, tp g mau krn g kuat dg bau biyunge. jd sementara mereka terpisah2.

keluargane wendi yg lumayan enak. mereka udh dpt kontrakan satu rumah, 3,5jt setahun, dibagi dua dengan mak sri-mamake yono. rumahny apik, tingkat dua malah. kamarnya wae ada sembilan. tp tetep kasihan keluargane wendi, mrk hny dpt satu ruang/kamar, krn mak sri lumayan otoriter.

fik, lev, aku dpt kbr yg lumayan ngenes iki. wanti, adikny kuwat, lumayan "rusak" skrg. aku blm tau pastinya, ini msh sebatas info yg kudapat dr wendi. wanti skrg udh berani "gituan" dg lawan jenis. tahapnya udh intercouse, ekstrim. bahkan udh terjadi dg beberapa pemuda d jogoyudan. aku blm tau pasti kebenarannya, tp ntar cb kugali lg informasinya.

kbr ttg novi ngenes juga. kbr terakhir yg kuperoleh, dr sms novi d hpnya mae, novi skrg udh kos d daerah jlagran, deketan kopi joss lek man. kalo siang ngamen dg anak2 punk, malemny ngamen d lingkungan kopi joss. semalem juga sempet kutelp, tp yg ngangkat temenny, shinta. katanya novi udh g sama tmn2nya, skrg misah. novi cm nitip no.hpnya.

yg bikin aku tratapan ki klo bc sms2 novi. novi udh memposisikan diri layaknya"orang dewasa" yg berkewajiban nyari nafkah (emang sperti itu khan dr dulu). salah satu smsnya, "mak, suk aku mulih,tp 2 hari thok. soale aku saiki mbut gae.suk nek prei tak mulih2 meneh"

ada lg smsny, "mak,aku wes oleh kosan, d daerah jlagran" pie kuwi jal?

oki juga msh sprti kmrin2, msh setia jd penunggu rumah miroeta. semalem sempet kutemuin, cb kurayu2 sama wendi. tp oki tetep wae ragelem. tp kupikir komunikasi keluarga antara oki dg mae msh lumayan bs dipantau, krn ngidernya ya sekitaran RM. alasan oki minggat sebenarnya juga salah mae (dan ini semua pangkalnya memang ada d mae). masalahny tuh oki pernah dibelikan hp baru sama paryadi, nah sama mae dituker dg hp lain yg bobro. ujung2nya oki nesu, hp dibanting d jembatan jogoyudan.

ttg wendi, tentu kamu udh taulah, fik. aku cukup kaget ketika byk pernyataan diungkap mae ttg wendi, dan itu mengatasnamakan diriku semua. jd emang ngapusine ketok banget. aku juga merasa, satu hal yg membuat bocah2 jd minggat juga krn wendi. omongan dan perilakuny kasar banget. lia sndiri prnh dihajar ampe biru2 mukany d jemb.jogoyudan. sampe pak to turun tangan, memaksa wendi menandatangani srt prnyataan di atas materai. yg skrg juga jd kekhawatiranku ya si Lia ini. Lia kan lmyn deket dg wanti, teman2 gaulnya juga tmn2 gaulny wanti. cuma lia msh bs "anteng" d rumah. aku khawatir suatu waktu nnti akan nyusul sprti novi atau oki. angga juga, skrg mungkin dia jd anak emas mae. tp klo kakak2nya bubar, apa ya angga g ikut2an?

aku g bs berbuat bnyk utk jogoyudan, trmsuk keluargane wendi. kalopun aku "memaksakan" diri merayu oki atau novi utk pulang, tetep akan sama saja. pokok masalahny itu ada d mae. klo mae mau ngalah thd anak2nya, kupikir bocah2 juga g akan minggat.

dana dr tmnmu itu rncanany akan kualokasikan utk nyari kontrakan keluargane fai. kalo ntar ada sisa, kemungkinan mo kukasih ke keluargane nugroho. gitu aja ya, sedulu2ku.

salam,
-nang-

Itu kabar dari seorang kawan yang dulu sepenangungan di jogoyudan. Ini membuatku sedikit sesak napas mengingat betapa dekatnya kami dahulu dengan anak-anak itu, seolah mereka adik-adik kandung kami. Meski sebetulnya aku sudah mengira akan demikianlah akhirnya, namun melihat kondisi kami sendiri yang tidak bisa berbuat banyak jelas ada rasa bersalah yang semakin berat bagi kami. Kami punya tanggungjawab, sama seperti semua orang di bumi, tapi tanggungjawab kami lebih nyata dan besar karena kami dekat dengan mereka.