Saya sedang belajar bahas Inggris. Secara formal saya belajar di EF FX Sudirman, Jakarta dan untungnya itu semua dibiayai kantor. Konsep yang dipakai EF adalah online dan face-to-face atau pertemuan tatap muka di dalam kelas. Selain itu ada kelas lebih besar dan satu kegiatan luar kelas.

Dalam perjalanannya saya lebih banyak menggunakan fasilitas Internet untuk belajar daripada tatap-muka. Kadang tema yang ditawarkan EF masih kurang sesuai keinginan. Dan ternyata Youtube menyediakan banyak sekali video yang khusus mengenai pembelajaran bahasa Inggris.

Beberapa channel berikut sangat membantu dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Benjamin's English Classes

Benjamin punya gaya yang saya suka, mulai dari suara hingga gerak-gerik anggota tubuhnya. Aksennya sebagai penutur asli bahasa jelas membantu telinga kita terbiasa menangkap pengucapan bahasa Inggris. Ada banyak video yang ditawarkan, dan semua itu gratis. Tak perlu buru-buru, kita bisa menontonnya bertahap agar semua bisa masuk dan membuat kita terbiasa.

Benjamin hidup di London dan pekerjaannya sebagai aktor selama beberapa tahun membantunya tampil apik dalam berbagai video tutorial. Panjang video yang 5-10 menit sangat efektif, tidak membosankan dan tidak terlalu singkat.

Selain di Youtube, Benjamin membuka pelajaran bahasa Inggris di www.engvid.com. Di website tersebut ada lebih banyak guru dan video.

Ada kurang lebih 748 video pelajaran dengan native speaker yang dapat diakses secara gratis, cukup punya jaringan Internet yang bagus saja (itulah pentingnya Indonesia punya koneksi Internet yang bagus, bukan seperti yang diimpikan Tifatul sembiring tentu saja). Website ini sangat aktif, bisa Anda temukan hal-hal baru setiap minggu.

Engvid punya banyak channel karena gurunya banyak, tinggal pilih mana yang kamu suka. Saya belum sempat cek semua. Pokoknya, ini recomended!!!

Learn English with Let's Talk - Free English Lessons
Ini adalah channel pertama yang saya ikuti. Ada beberapa guru di sini, dan saya kira semuanya perempuan. Ada banyak channel ditawarkan, silahkan saja pilih dan subscribe untuk menerima video-video terbaru. Sudah ada 357.316 subscribers hingga tulisan ini dibuat, dan 38 juta lebih view. Saya tidak tahu berapa banyak video telah di-upload, yang jelas belum saya lihat semua.

Penggarapan videonya sangat serius dan bagus. Saya sangat suka dengan Niharika. Suaranya sangat jelas. Soal native atau tidak, saya kurang tahu, karena Niharika sepertinya keturunan India. Tapi, kalau mendengar suaranya, cukup jelas aksennya sebagai native. Guru saya di EF juga sebagian orang India. Niharika sangat atraktif, gaya mengajarnya sangat terkonsep, bahkan sampai ke gerakan tangan dan lirikan matanya. Niharika juga sangat cantik, sehingga kita tak bosan-bosannya melihat videonya. It's so interesting.

Berikut alamatnya: http://www.letstalkpodcast.com/

http://www.learnex.in/

http://www.youtube.com/learnexmumbai

Doing English with Julian

Saya belum banyak menonton video Julian. Dia menyebutnya sebagai video blog. Sepertinya dikerjakan oleh kru kecil, atau mungkin sendiri. Gambarnya cukup bagus, dengan beberapa video dibuat di luar ruangan.

Dalam beberapa hari ke depan akan banyak lagi channel video bahasa Inggris yang akan saya tonton. Mungkin channel-channel baru. Ada juga video-video untuk anak-anak dengan gambar kartun. Yup, belajar bahasa Inggris bisa gratis dengan memanfaatkan Internet. Bahkan belajar langsung dengan penutur asli, rasanya akan berbeda sekali dengan guru-guru di tempat kursus di Indonesia. Di EF termasuk yang menggunakan native speaker, jadi kita dapat lebih lanyah dalam belajar bahasa Inggris.