sejak beberapa bulan lalu aku berencana pulang ke jogja, tapi selalu berujung pada 'tak jadi.' entah karena uang, entah kesempatan, yang jelas sudah gagal. tapi bulan depan, atau beberapa hari lagi, sudah kuniatkan merayakan imlek di jogja. ah ya, aku kan keturunan ... keturunan jauh, sangat jauh ... dari orang2 cina. hahahaha

beberapa orang tampaknya menunggu di sana dengan aneka motif (bukan motif kotak-kotak atau polkadot lho). ada yang kangen (huahahaha, sumpah, ini rekayasa saya! sebetulnya kangen ditraktir karena mendengar kabar orang yang dulu kurus kering dan sering meminta makan di kosnya sudah bekerja), ada yang menunggu janji-janjiku direalisasikan (kebiasaan bikin banyak janji sih.... salah sendiri!), dan seseorang menyiapkan lomba tpa di masjid (hmmm, seseorang yang mana ya? ah, ini rahasia perusahaan. hahahahaha .... kangen melihat anak-anak berpakaian rapi, wangi bedak, dan berkumpul di aula masjid, memberondong dengan aneka macam permintaan ribet).

ke jogja, untuk sekarang ini, tidak bisa dilakukan dengan mudah. yah, terutama soal waktu dan biaya, meskipun sekarang aku sudah merasa jadi orang kaya (aslinya emang kaya monyet, hahahahaha). aku belum bisa ambil cuti, jadi hanya bisa memanfaatkan libur tanggal merah. kebetulan besok ada libur imlek, hari kamis. hari jumat seharusnya masuk. tapi aku ganti hari kerja, jadi minggu depan aku masuk 6 hari kerja. hm, aneh, aku tidak suka bolos kerja, padahal waktu kuliah dulu senang sekali tidak masuk kelas meskipun hanya kongkow2 di kantin mencari pemandangan daun muda (hahahahahaha, hanya bisa memandang, tak berani merayu....). bahkan, di satu mata kuliah aku hanya masuk satu kali dan datang ketika ujian. atau di kuliah yang lain aku diharuskan minta maaf kepada seluruh kelas karena titip absen (hahahaha! biar populer).

dan, memang sulit mendapat tiket di waktu mepet dan libur panjang seperti minggu ini. aku sendiri hanya bermalas-malasan ketika masih ada kesempatan mencari tiket. dan baru kemarin pagi masuk stasiun untuk memesan tiket senja utama... senja-nya habis. senja utama solo juga habis. kereta tujuan kutoarjo yang bernagkat tanggal 2 juga habis. bahkan, kereta ekonomi progo untuk keberangkatan tanggal 2 malam pun habis! sial, padahal sudah ngomong ke banyak orang kalau aku mau pergi ke jogja (ini kebiasaan buruk, harus segera dihilangkan, biar tidak terlihat sebagai pembohong. hahahahaha!) akhirnya dapat tiket fajar utama, berangkat tanggal tiga pagi.

hmm, naik kereta pagi hari! hore! aku belum pernah ke jogja dengan kereta pagi. ini mungkin akan menyenangkan (atau akan jadi sate di sepanjang perjalanan. berangkat malam saja panasnya luar biasa, bagaimana dengan siang hari ya???)