sebuah kebetulan yang mungkin bukan tanpa skenario; ketika pencet-pencet kata "next-blog," saya lebih sering sampai ke halaman blog milik orang malay. blog2 orang malay yang saya lihat kebanyakan bernada agamis, moralis, dan seperti memuji negara/partai-nya tinggi-tinggi. isinya banyak ceramah2 aneh. mendaku-daku sebagai ustadlah, pembela bangsa, pembela kebenaran, pokoknya mirip2 pendekar jaman dulu.
lihat laman satu ini. bahasanya aneh bin ajaib.

mereka menggunakan bahasa acakadut: malaysia, arab, inggris.
terus terang saya tidak paham bahasa mereka, tapi ada nada-nada permusuhan, terutama dengan kelompok India dan Cina.

blog di bawah ini juga cukup aneh. tampaknya banyak simpatisan atau orang UMNO bikin blog di blogspot. pujian mereka setinggi langit. tapi, mungkin karena saya tidak paham bahasa malay yang aneh itu. 
di blog itu, si penulis mengidentifikasi diri dengan kalimat "MANTRA MALAYSIA: Me a skeptic? Proof that I'm wrong!!! The other side of me... ONLY WHEN I SMILE" apa arti kalimat itu? saya tidak mengerti




blog ini tampaknya sebagai serangan terhadap anwar ibrahim. sebetulnya, setelah membaca beberap blog malay itu, kesan saya bahwa mereka kadang agak "santun" langsung hilang. mereka cukup frontal menyerang, sekalipun hanya kata-kata, yah, sekalipun kata2 aneh yang tidak saya pahami.
para penyanjung UMNO itu juga membawa logo ini dalam tiap blognya. kata2 di bawa itu, substansinya, meniru sumpah pemuda.